Eksplor.idHiburanSinopsis Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015), Kisah Perjuangan Bapak Bangsa Indonesia.

Sinopsis Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015), Kisah Perjuangan Bapak Bangsa Indonesia.

Eksplor, Movie – Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang diproduksi pada tahun 2015 menjadi salah satu remkomendasi film tentang kemerdekaan bangsa Indonesia yang wajib ditonton, terlebih pada saat bulan kemerdekaan untuk membangkitkan semangat perjuangan kemerdekaan indonesia. Anda dapat menyaksikannya langsung melalui siaran tv jika di jadwalkan akan tayang ataupun lewat platform livestreaming tv indonesia.

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini, dibintangi oleh Reza Rahardian yang berperan sebagai Tjokroaminoto, dan Christine Hakim sebagai Mbok Tambeng, Film ini dirilis pada tahun 2015. dan jika kamu penasaran film Soekarno Bercerita tentang apa? simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Daftar Isi :

Berikut Sinopsis Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) yang Bercerita Tentang Sejarah Berdirinya Sarekat Islam

Dalam film ini dikisahkan seorang putra bangwsawan asal Jawa di Ponorogo yang memiliki latar belakang keislaman yang kuat bernama Tjokroaminoto. Tjkroaminoto muda telah merasakan keprihatinannya terhadap kondisi pribumi pada masa penjajahan.

Baca Juga :   Alumni SMPN 6 Makassar Angkatan 88 Reuni di Pucak Maros

Keprihatinannya ditunjukkan terutama pada kaum buruh dan masyarakat pribumi lainnya yang tersiksa akibat dari perlakuan pemerintah kolonial belanda yang terus saja merendahkan dan menyiksa dengan semena-mena.

Hal inilah yang membuat hati kecil Tjokroaminoto selalu resah hingga ia tumbuh dewasa. karena alasan ini pula ia memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya dan melepas seluruh gelar kebangsawanannya.

Tidak lama menetap di kota Semarang, ia kemudian menetapkan tujuannya ke surabaya bersama istri dan anaknya. Tjokroaminoto selalu menyuarakan aspirasinya melawan pemerintah kolonial dan melindungi rakyat yang tertindas lewat tulisan-tulisannya di surat kabar hingga menggelar orasi massa.

Berkat keberanian dan jiwa kepemimpinannya yang kuat, Tjokroaminoto kemudian diakui oleh banyak kalangan dapat membebaskan rakyat indonesia dari cengkraman penjajah. hal ini pula yang membuat Haji Samanhoedi dari Sarekat Dagang Islam meminta Tjokroaminoto untuk memimpin organisasinya, walau sedang dibekukan oleh pemerintah kolonial belanda.

Dari organisasi inilah perjuangannya melawan penjajahan bermula. Tahun 1912 ia kemudian mendirikan Sarekat Islam yang sebelumnya merupakan Sarekat Dagang Islam yang telah dibekukan. Dengan berjalannya waktu, Tjokroaminoto mampu membuat organisasi ini menjadi organisai resmi bumiputera terbesar di indonesia, anggota dari Sarekat islam bahkan mencapai 2 juta orang pada masa itu.

Baca Juga :   Sinopsis Film Miles 22 (2018), Tayang di Bioskop Trans TV Hari Ini, Kisah Iko Uwais beradu Akting dengan Mark Wahlberg.

Sarekat Islam Sendiri merupakan sebuah organisasi dengan tujuan untuk menyamaratakan masyarakat pribumi dengan bangsa-bangsa lain terutama belanda menjajah indonesia kala itu, baik secara hak dan martabat setiap warga pribumi.

Trailler Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Pemeran Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Berikut nama nama pemeran film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) :

  1. Reza Rahadian Tjokroaminoto
  2. Christine Hakim Sebagai Mbok Tambeng
  3. Alex Komang Sebagai Hasan Ali Surati
  4. Putri Ayudya Sebagai Soeharsikin
  5. Didi Petet Sebagai Pak Haji Garut
  6. Maia Estianty Sebagai Bu Mangoensoemo
  7. Chelsea Islan Sebagai Stella
  8. Alex Abbad Sebagai Abdullah
  9. Christoffer Nelwan Sebagai Tjokroaminoto Muda
  10. Deva Mahenra Sebagai Presiden Soekarno
  11. Egi Fedly Sebagai Ibrahim Adji
  12. Ade Firman Hakim Sebagai Muso
  13. Ibnu Jamil Sebagai Haji Agus Salim
  14. Tanta Ginting Sebagai Semaoen
  15. Arjan Onderdenwijngaard
  16. Sudjiwo Tedjo Sebagai Mangoensoemo
  17. Hanata Rue Sebagai Guru

Nonton Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Jika kamu penasaran dengan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015), kamu dapat menyaksikannya melalui TV yang biasanya ditayangkan pada bulan kemerdekaan seperti Agustus di setiap tahunnya. atau kamu dapat menontonnya melalu layanan TV Ondemand ataupun layanan nonton film.

Baca Juga :   Menyusuri Forest Walk di Hutan Kota Babakan Siliwangi (Baksil).

Untuk kamu yang suka dengan genre film tentang perjuangan bangsa indonesia meraih kemerdekaan seperti dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) ini kamu dapat melihat rekomendasi film kami melalui link berikut:

“5 Rekomendasi Film Tentang Perjuangan Bangsa Indonesia Meraih Kemerdekaan”

- Iklan -

Eksplor Today