Sekda Sulsel, Abdul Hayat Gani Resmi Luncurkan INOVASI “K’MIRNA PI”di Pembukaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi


Hadirnya K’MIRNA PI (Knowledge Management Repository) semakin memantapkan eksistensi dan keberlanjutan Hub JIPP Sulsel. K’MIRNA PI merupakan suatu kebanggaan dan langkah yang sangat strategis bagi pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan guna mempromosikan inovasi dan melahirkan ide-ide kreatif di tingkat daerah, khususnya di Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, penuturan ibu Andi Mirna sebagai reformer K’Mirna Pi dalam releasenya menyampaikan bahwa inovasi ini diangkat dengan 3 alasan. pertama, mendukung pencapaian Visi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan“ Sulawesi Selatan yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter”, kedua, memperkuat peran Provinsi untuk pembinaan pelayanan publik melalui pengembangan hub JIPP (Jaringan Inovasi Pelayanan Publik).

Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB no 94 Tahun 2020, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi hub JIPP di Indonesia. Dan ketiga, mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui gerakan one agency one innovation di Sulawesi Selatan.

Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) Sulsel merupakan wadah saling belajar dan bertukar pengetahuan tentang inovasi pelayanan publik. Sebagai hub, salah satu tugasnya adalah mengelola transfer pengetahuan dan penyebaran inovasi pelayanan publik di Sulawesi Selatan. Pembentukan JIPP Sulsel dari kerjasama Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PAN RB dan Pemerintah Jerman (TRANSFORMASI-GIZ) ini telah berhasil memotivasi dan mendorong para penyelenggara pelayanan publik memberikan pelayanan publik yang lebih berkualitas melalui berbagai ide/inovasi dan replikasi inovasi pelayanan publik.

Tersedianya JIPP Sulsel dapat mengoptimalisasi repository inovasi berbasis web. Inovasi yang berhasil menang dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat nasional dan internasional tersedia dalam JIPP untuk dapat dipelajari dan kemudian di replikasi (adaptasi/modifikasi) oleh instansi dan wilayah lainnya. Dengan Replikasi, dapat mempercepat penyebaran kualitas pelayanan publik. Tim kerja K’Mirna Pi telah menyiapkan panduan penyelenggaraan Kompetisi Replikasi Inovasi Pelayanan Publik. Pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 1649/VII/Tahun 2021 di buka mulai hari ini.

Pemuncuran K’Mirna Pi dihadiri oleh Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Selle Ks Dalle dan Ketua Puslatbang KMP LAN RI, Andi Taufik serta 150 orang yang terdiri dari Bupati/Walikota se Sulsel, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov. Sulsel, Para Kadis/Kaban se Sulsel, Poltek STIA LAN Makassar, Kepala Bagian Organisasi Kab/Kota se-Sulsel; TGUPP dan TA/Tenaga Ahli Provinsi Sulawesi Selatan; Mitra Pembangunan: KOMPAK; BaKTI, dan para inovator Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Tahun 2021.