Warga Rusia yang Ikut Vaksinasi COVID-19 Bisa Dapat Hadiah Mobil dan Apartemen

-

Moskow, Eksplor – Kampanye vaksinasi COVID-19 di Rusia kian gencar. Berbagai macam hadiah, mulai dari undian mobil mewah hingga diskon dan berbagai macam hadiah aneh lainnya ditawarkan supaya orang-orang mau disuntik vaksin. Berikut, kami sajikan beberapa yang paling menarik.

Meskipun Rusia memproduksi tiga vaksin COVID-19, orang-orang di negara itu masih belum sepenuhnya mempercayai efektivitas vaksin. Pada akhir April 2021, jumlah warga yang telah divaksinasi di Rusia baru mencapai empat persen. Dua bulan lalu, jumlahnya meningkat menjadi 13 persen, tetapi ini masih jauh dari target pemerintah, yaitu sebesar 60 persen pada musim gugur mendatang, sekaligus rencana untuk mengembangkan kekebalan kelompok (herd immunity).

“Jelas, kami tak akan mencapai angka 60 persen. Kami baru melihat sedikit peningkatan minggu ini,” kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan pada 29 Juni lalu, seperti dikutip dari Russia Beyond.

Peskov melihat peningkatan tersebut berkaitan dengan dua aturan baru yang baru-baru diterapkan pemerintah: pembatasan baru akibat gelombang ketiga COVID-19 (termasuk aturan kode QR untuk warga yang ingin makan di luar) dan kampanye hadiah (yang belum pernah terjadi sebelumnya) bagi orang-orang yang mau disuntik vaksin.

Pada hari-hari pertama dibukanya pos-pos vaksinasi COVID-19 (yang pertama di pusat perbelanjaan GUM Moskow), Anda bisa mendapatkan es krim gratis setelah mendapatkan suntikan pertama. Pemerintah Moskow juga menawarkan sebuah kode promo seharga 1.000 rubel kepada warga berusia di atas 60 tahun untuk ditukarkan di apotek. Itu beberapa bulan lalu. Sekarang, dengan melakukan vaksinasi, Anda berkesempatan mendapatkan mobil Renault baru! Undian ini berlaku untuk warga 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan suntikan pertama antara 14 Juni hingga 11 Juli.

“Ada 20 mobil yang disiapkan, masing-masing seharga sekitar satu juta rubel (sekitar 185 juta rupiah). Lima mobil akan diundi tiap minggu,” demikian bunyi informasi yang dikutip dari situs web wali kota Moskow, seraya menyebutkan bahwa ada lebih dari seratus pos vaksinasi baru di seluruh ibu kota.

Sementara ibu kota membagi-bagikan mobil, daerah pinggiran Moskow menawarkan apartemen baru. Hadiah utamanya berupa sebuah apartemen seluas 75 meter persegi dengan tiga kamar tidur. Sekarang, perlombaan untuk memenangkan apartemen satu kamar tidur berperabotan lengkap di lantai 24 sudah dimulai. Anda hanya perlu mengeklik banner iklan di situs web pemerintah daerah dan mendaftar. Untuk melengkapi aplikasi undian, Anda setidaknya harus sudah mendapatkan suntikan pertama dari salah satu vaksin Rusia: Sputnik V, EpiVacCorona, atau CoviVac.

Populer

spot_img