Sail to Campus II WALHI SulSel, Econusa dan Green Youth Movement Ingatkan Bahaya Plastik dan Perubahan Iklim

-

Makassar, Eksplor – WALHI SulSel, Econusa dan Green Youth Movement kembali menggelar kegiatan Sail to Campus ke II di Universitas Bosowa. Kali ini, Sail to Campus mengngkat tema Bahaya Plastik dan Perubahan Iklim. Kegiatan yang diselenggarakan pada Rabu, 30 Juni 2021 Bertempat di Auditorium Aksa Mahmud Universitas Bosowa menggandeng Himpunan Mahasiswa Perancanaan Wilayah Kota Unibos.

Dekan Fakultas Teknik Unibos Dr. Ridwan, ST., M.Si dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Sail to Campus yang diadakan di Unibos, dirinya mengatakan Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi yang cukup besar, terutama dari segi kelautan dan perikanan.

“Kegiatan Sail to Campus yang merupakan bagian dari pra ekspedisi spermonde memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami, bagaimana untuk menjaga laut dari sampah.” Kata Dr. Ridwan

Senada dengan Dekan FT Unibos. Wiro WIrandi yang merupakan Ocean Program Manager Econusa Fondation mengatakan, bahwa Spermonde yang merupakan kepulauan sangat storis dan memiliki fungsi yang sangat penting. Adanya ancaman krisis iklim seperti naiknya permukaan air laut dan terjadinya kerusakan biota laut semakin memperparah kondisi masyarakat pesisir. Krisis iklim diakibatkan oleh ulah manusia sendiri.

“Saat ini, Indonesia adalah negara ke 2 terbesar sebegai penyumbang sampah plastik setelah China. Plastik dan Puntung rokok merupakan sampah yang paling banyak di produksi oleh manusia di setiap tahunnya” ungkapnya.

Isu pencemaran sampah di laut menjadi perhatian serius. Bahwa permasalahan laut bukan hanya masalah bagi biota laut saja. Tapi, juga sudah sampai ke manusia karena ikan yang dikonsumsi mengandung mikro plastik. Kita mesti khawatir apakah laut, khususnya di Indonesia timur masih bisa menjadi andalan di masa depan.

“Melalui kegiatan ini, kita mendorong anak muda agar menjadikan dan menyadari bahwa kenapa laut begitu sangat penting. Wiro menambahkan ekspedisi spermonde yang akan dilaksanakan kedepan akan memberikan informasi baru terkait permasalahan yang terjadi saat ini”. Harapnya

Adapun yang menjadi narsaumber pada kegiatan Sail to Campus kali ini. Yakni, Muliadi yang merupakan nelayan Sarappo, Dina M. Luungkang S.IP., MA. akademisi Unibos dan Sahril Akbar dari Baruna Ocean.

Populer

spot_img