Toraja Tampilkan Kain Khas Sarita di Expo HIPMI Sulsel

-

Makassar, Eksplor – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tana Toraja menggandeng brand lokal yang mendunia di Expo HIPMI Sulsel 18-20 Juni 2021. Brand lokal yang ditampilkan HIPMI Toraja, yakni kain Sarita yang beberapa bulan terakhir kebanjiran order luar negeri.

Kain Sarita berbahan tenun dengan motif ukiran khas klasik Toraja yang sempat terlupakan, beberapa tahun belakangan kembali diperkenalkan oleh Katokkon, salah satu UMKM Toraja yang aktif memperkenalkan produk berbahan asli lokal Toraja.

Kain Sarita ini berbahan tenun dan motif dibuat dengan cara stensil tumbuk. seluruh proses produksi dilakukan dengan cara tradisional. Kain Sarita dapat digunakan untuk kebutuhan busana, baju, rok, maupun sarung. UMKM ini juga memproduksi sambal pedas cabai khas Toraja, yakni Katokkon. Racikan sambal Katokkon ini juga menembus pasar global.

UMKM Katokkon dan Sarita ikut ambil bagian bersama HIPMI Toraja di Expo 2021 untuk mempromosikan UMKM daerah di Phinisi Point Makassar yang dibuka langsung Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Jumat (18/6/21) kemarin.

Menteri Sandiaga secara khusus juga mengunjungi stand Katokkon yang memamerkan kain Sarita dan produk cabai Katokkon. Agenda ini dihadiri 30 Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) se Sulawesi Selatan untuk memperkenalkan produk lokal yang di miliki masing-masing daerah.

Dari 30 booth yang ada, semuanya akan diisi para kader dan binaan BPD HIPMI Sulsel dan BPC HIPMI se-Sulsel.

“Kami berharap hadirnya HIPMI Expo ini dapat mendorong UMKM daerah dalam memperkenalkan produk lokal ke dunia internasional. Ke depan, kita juga berharap pentingnya sinergitas HIPMI dan pemerintah daerah untuk membangkitkan UMKM,” kata pemilik UMKM Katokkon yang juga mantan Ketua HIPMI Tana Toraja, Kristian HP Lambe, di sela expo tersebut.

Populer

spot_img