DPRD Toraja Ikuti Bimtek Keuangan Daerah di Makassar

-

Makassar, Eksplor – Anggota DPRD Tana Toraja mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan keuangan daerah di Hotel Dalton, Makassar, 3-6 Juni 2021.

Bimtek tersebut menghadirkan Rino Rio Kent, Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, sebagai keynote speaker.

Bimtek yang dibuka Rektor UKI-Paulus, Prof Agus Salim, itu dihadiri seluruh Legislator Toraja bersama unsur pimpinan, yakni ketua DPRD dan ketua-ketua komisi.

Bimtek dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas anggota DPRD dalam menjalankan fungsi pengawasan, anggaran dan pembentukan perda.

“Bimtek ini sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara UKI Paulus Makassar dan DPRD Kabupaten Tana Toraja,” ujar legislator Demokrat, Dr Kristian HP Lambe, via telepon, Sabtu (11/06/2021).

Menurut Kristian yang juga Ketua Bapemperda DPRD Toraja, dirjen dari kemenkeu Rino Rio Kent berharap agar pengelolaan keuangan daerah ini dilakukan secara sistematis demi terciptanya pemerintahan yang bersih di daerah dengan pola “Satu Data Satu Sistem”.

‚ÄúPedoman Pengelolaan Keuangan Daerah tentu saja disesuaikan dengan Permendagri No 77 Tahun 2020, dan implementasi serta pelaksanaan fungsi dewan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” jelasnya.

Dia menambahkan, hal ini juga berdasarkan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2019.

“Banyak hal yang menjadi sasaran bimtek ini, yakni pemda yang bersih, efektif, dan demokratis. Dan bagaimana DPRD mengawal pemimpin di daerah dalam hal ini bupati untuk menjabarkan program kerjanya di masyarakat,” tandasnya.(*)

Populer

spot_img